PASAR
A. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu
produsen yang menguasai pasar. Dengan kata lain satu penjual menguasai segala
jenis penawaran. Seseorang yang menguasai pasar monopoli disebut Monopolis.
Ciri-ciri dari pasar monopoli yaitu:
1. hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip
3. produsen mutlak menetukan harga
4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada
hambatan berapa keunggulan perusahaan.
Kelebihan pasar monopoli:
1. Keuntungan penjual cukup tinggi.
2. Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya
diatur pemerintah.
Kelemahan pasar monopoli:
1. Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
2. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
3. Terjadi eksploitasi pembeli.
Dampak negative adanya monopoli, antara lain:
a. Timbulnya ketidakstabilan harga.
b. Kecilnya volume produksi menimbulkan adanya biaya sosial yaitu biaya yang
ditanggung oleh masyarakat.
c. Adanya unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi
serendah-rendahnya pada pasar faktor produksi dan dengan harga tinggi di pasar
barang.
d. Kepentingan umum banyak diabaikan, sebab orientasi usahanya hanya
didasarkan atas untung rugi saja.
Monopoli bisa timbul karena adanya beberapa hal, yaitu:
1. Faktor alam
Keadaan alam dapat menimbulkan monopoli bagi suatu daerah. Misalnya,
kesuburan tanah dan iklim yang cocok dengan jenis tanaman tertentu menyebabkan
suatu daerah memonopoli hasil produksi pertanian tertentu, seperti tembakau di
daerah Kedu, Deli; bawang merah di Brebes, dan lain-lain.
2. Peraturan pemerintah
Misalnya, hak paten untuk melindungi suatu penemuan baru agar perusahaan
pemilik tidak dirugikan oleh pihak lain yang menghasilkan produk tiruan dengan
harga yang jauh lebih murah. Hak paten memiliki batas waktu dan dapat
diwariskan. Bagi penciptanya, diperbolehkan untuk memberi ijin atau lisensi
kepada pihak lain untuk mencipta dan menjual produk yang sama.
3. Monopoli alamiah
Kemajuan teknologi yang semakin canggih akan mengakibatkan perusahaan mampu
menekan pengeluaran, sehingga perusahaan dapat lebih efisien dan berkembang
karena laba yang diperoleh semakin besar. Apabila perusahaan mampu memperluas
produksi dan memasarkannya dengan harga yang terjangkau konsumen dengan
kualitas yang memuaskan, hasil produksinya akan mendapat kepercayaan
masyarakat. Dengan demikian, hasil produksinya akan menguasai pasar dan
perusahaan mampu menentukan harga di pasar. Perusahaan yang baru timbul
biasanya sulit bersaing dengan perusahaan yang telah berkembang dan memegang
monopoli tersebut.
Adanya monopoli dalam perekonomian akan menimbulkan beberapa akibat,
diantaranya sebagai berikut.
1. Terbatasnya volume produksi, karena dengan monopoli suatu perusahaan
akan berkuasa menentukan besar kecilnya produksi yang dihasilkan untuk
memperoleh keuntungan setinggi-tingginya.
2. Terjadi ketidakadilan antara perusahaan yang memegang monopoli dengan
perusahaan yang tidak memegang monopoli.
3. Timbulnya eksploitasi dari pemegang monopoli terhadap dua pihak berikut.
a. Pemilik faktor produksi, yaitu dengan membayar mereka dengan harga yang
lebih rendah dibandingkan harga pasar.
b. Konsumen, yaitu ditetapkannya harga oleh pemegang monopoli atas harga
pasar untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
Ada beberapa cara pencegahan yang umum dipraktikkan untuk mengatasi efek
negatif yang ditimbulkan oleh monopoli, yaitu:
a. penarikan pajak;
b. pengendalian harga;
c. pemilikan pemerintah untuk barang-barang vital atau yang menguasai hajat
hidup orang banyak;
d. regulasi dengan membuat undang-undang anti monopoli;
e. pendirian perusahaan oleh pemerintah.
PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran
dimana terdapat penjual/produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli
-
Terdapat banyak
penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
-
Barang yang dijual
dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
-
Terdapat halangan
masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang
mempunyai pangsa pasar terbesar.
Macam-macam oligopoli
Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk
homogen.
Oligopoli dengan perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk
yang dapat dibedakan.
Dampak negatif oligopi terhadap perekonomian:
-
Keuntungan yang yang
terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
-
Timbul inifisiensi
produksi
-
Eksploitasi terhadap
konsumen dan karyawan perusahaan
-
Harga tinggi yang
relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
-
Kebijakan pemerintah
dalam mengatasi oligopoli
-
Pemerintah mempermudah
masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan persaingan
PASAR PERSAINGAN
SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar
dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual
bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi
antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak
dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga
(price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan
tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat
membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau
produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan
pengaruh terhadap penjualan produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar